Menjelajah Taman Nasional Baluran "Africa Van Java"

Taman Nasional Baluran adalah Taman Nasional pertama di Indonesia, yang diresmikan pada tahun 1980. Terletak di perbatasan antara Situbondo dan Banyuwangi, Jawa Timur. Karena memiliki ciri dan karakteristik savana dan adanya hewan liar yang hidup bebas layaknya sebuah taman nasional di Afrika, maka tak heran jika TN Baluran juga mendapat sebutan sebagai "Africa van Java". Disana kita bisa menjumbai berbagai jenis hewan yang hidup bebas di alam liar. Diantaranya adalah 155 jenis burung dengan beberapa spesies merupakan jenis burung langka dan dilindungi, serta terdapat 26 jenis mamalia. Untuk keragaman vegetasinya, Taman Nasional Baluran memilihi beberapa jenis vegetasi, diantaranya adalah savana, hutan pantai, hutan musim, hutan mangrove, hutan rawa, hutan pegunungan bawah, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Adapun jenis vegetasi yang paling banyak ditemui disana dalah tipe savana, yang mencakup kurang lebih 40% dari total luas TNB.
Menjelajah Taman Nasional Baluran - Dokumentasi CNNIndonesia YouTube Channel
Taman Nasional yang menjadikan banteng sebagai maskotnya selain memilihi kawasan hutan yang sangat luas, juga memiliki garis pantai yang menyimpan keindahan alam bawah laut yang sangat luar biasa. Inilah salah satu alasan kenapa Taman Nasional Baluran sangat menarik untuk dikunjungi. Karena selain bisa melihat berbagai jenis binatang yang hidup di alam bebas di daratan, kita juga bisa menikmati keindahan pantai dengan pasir putihnya.
Taman Nasional Baluran "Africa Van Java" - Dokumentasi idntimes.com

Keindahan Taman Nasional Baluran Tidak Hanya Berupa Hutan Belantara

Dikarenakan wilayah Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, maka tak heran jika sebuah Taman Nasional kita juga memiliki garis pantai. Sama seperti Taman Nasional Way Kambas di Lampung, ataupun Ujung Kulon di Banten, TN Baluran juga memiliki garis pantai dengan vegetasi mangrove yang luas. Disana terdapat dermaga mangrove yang dikenal sebagai Dermaga Mangrove Bama, yang terletak sekitar 100 meter dari pantai mengarah ke selatan. Di kawasan ini, terdapat tanaman mangrove yang asri dan terawat dengan pemandangan laut yang manawan. Maka tak mengherankan jika Dermaga Mangrove Bama merupakan salah satu tempat favorite di Baluran untuk ber swafoto.
Daya tarik Dermaga Mangrove Bama - Dokumentasi wisatadiindonesia.com
Salah satu pantai di Taman Nasional Baluran adalah Pantai Bama, yang berpasir putih, berarus tenang dan berair jernih. Kita bisa ber snorkeling ria disini. Kita bisa melihat berbagai jenis ikan laut dan karang. Untuk menikmati keindahan bawah lautnya, kita hanya butuh berjalan sekitar 100 sampai 200 meter ketengah. Selain Pantai Bama, disana juga ada Pantai Bilik Sijie. Di pantai ini kita bisa menikmati momen sunset yang indah di sore hari. Ada juga pantai Balanan yang tak kalah menarik dengan pasir putihnya.
Snorkeling di Pantai Bama TN Baluran - Dokumentasi travelingyuk.com
Menariknya, ada satu lokasi yang lain daripada yang lain yang letaknya berada tepat di sebelah pintu masuk Taman Nasional Baluran. Yaitu Goa Jepang. Goa dengan luas sekitar 12 meter merupakan goa peninggalan jaman Jepang. Yang dahulu berfungsi sebagai tempat penyimpanan amunisi. Hal ini tentunya akan menambah wawasan kita mengenai sejarah.
Goa Jepang yang berada di TN Baluran - Dokumentasi phinemo.com
Dan yang tak kalah penting untuk dilakukan ketika kita berkunjung ke Tman Nasional Baluran adalah menikmati keindahan padang savana Bekol, yang suasananya tidak kalah keren seperti yang ada di Afrika sana. Keberadaan pohon-pohon besar ditengah padang rumput luas merupakan daya tarik tersendiri di kawasan ini. Banyak para wisatawan yang secara khusus mendatangi padang savana di Baluran untuk memperoleh hasil foto terbaik.
Savana Bekol Taman Nasional Baluran - Dokumentasi 1001malam.com
(Disadur dari berbagai sumber)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Lengkap STIPRAM (Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo)

Sensasi Canopy Bridge Di Bukit Bangkirai Yang Instagramable

Menara Siger, Destinasi Wisata Ikonik Lampung