7 Fakta Unik Pantai Temboko Lehi, Satu-Satunya Pantai Air Panas Di Indonesia

Berbicara mengenai tempat wisata unik di Indonesia khususnya untuk kawasan wisata pantai memang tidak akan ada habisnya. Karena seperti yang telah banyak viral baik itu melalui media televisi ataupun social, ternyata Indonesia punya banyak pantai-pantai unik. Misalnya di daerah Lombok Timur, kita bisa menjumpai pantai dengan hamparan pasir berwarna pink. Belum lagi apabila kita berkunjung ke Tanjung Api. Sesuai namanya yang mengandung kata "Api" Tanjung api yang berada di Sulawesi Tengah, tepatnya di kota Ampana, memiliki keunikan juga, yaitu berupa sumber api abadi. Dimana apabila kita mengeruk pasir disekitar lokasi pantai, kita bisa menemukan sumber api. Belum lagi jika kita berkunjung ke Raja Ampat, disana kita bisa menjumpai pantai dengan spesies hiu berjalannya yang merupakan spesies langka dan hanya ada di perairan pantai kepulauan Misool. Dan tentunya masih banyak lagi pantai-pantai unik di Indonesia selain yang telah disebutkan di atas. Salah satunya akan kita bahas lebih detail lagi.
Pantai Temboko Lehi - Dokumentasi Kompas TV
Tahukah kamu jika di Indonesia ada pantai air panas? Pantai air panas disini bukan semata-mata bersuhu tinggi akibat terkena sengatan sinar matahari lo, akan tetapi memang berair panas akibat adanya sumber air panas yang ada di sekitar pantai. Unik bukan? Tentu saja. Pantai yang kita maksud disini adalah pantai Temboko Lehi, yaitu satu-satunya pantai berair panas yang ada di Indonesia. Pantai ini berada di Sulawesi Utara, tepatnya di Kampung Lehi, Kabupaten Sitaro.
Pantai Temoko Lehi yang sangat alami - Dokumentasi Merdeka.com

Pantai Temboko Lehi berjarak sekitar 137 dari ibukota Sulawesi utara, Manado. Kondisi pantai yang masih alami menandakan bahwa objek wisata lokal ini belum banyak tersentuh oleh para wisatawan. Dan awal mula menjadi viralnya pantai ini adalah karena beberapa backpacker yang menemukan lokasinya.

Beberapa Fakta Menarik Seputar Pantai Temboko Lehi

1. Letaknya di kaki gunung Karengetang yang masih aktif
Hal ini sangat wajar apabila disepanjang garis pantai Temboko Lehi airnya akan terasa panas, karena adanya sumber-sumber air panas yang mengalir dan berada disepanang bibir pantai.
Keindahan Temboko Lehi dari ketinggian - Dokumentasi skygrapher.id

2. Air Laut Tidak Begitu Asin
Ini adalah salah satu keunikan lainnya disamping suhu air yang panas. Di pantai Temboko Lehi, air tidak berasa asin seperti air laut pada umumnya. Ini menyebabkan tidak ada spesies ikan laut yang hidup atau berani mendekati pesisir pantai dikarenakan adanya perbedaan suhu dan salinitas yang drastis.

3. Larangan Berenang Sembarangan
Para wisatawan tidak bisa sembarangan berenang di pantai ini. Dikarenakan suhu air pantainya sangat panas. Maka tak heran apabila kita membawa telur mentah dan kita masukkan ke air pantai, maka untuk beberapa saat telur tersebut bisa matang seperti direbus.
Berenang di Pantai Temboko Lehi - Dokumentasi pubinfo.id
4. Terdapat Kolam Kusus Untuk Berenang Dan Mandi
Di pantai Temboko Lehi terdapat sebuah kolam yang merupakan bak pemandian yang telah lama digunakan untuk keperluan mandi oleh masyarakat setempat. Dan di kolam inilah wisatawan boleh berenang, karena suhu tidak sepanas apabila kita nekat untuk berenang dipantai, yang notabene bisa langsung mematangkan telur mentah layaknya seperti telur yang habis direbus.

5. Akses Dari Kota Manado
Saat ini jalur akses untuk menuju Pantai Temboko Lehi adalah melalui jalur laut, dimana kita harus menaiki perahu dari pelabuhan Manado. Untuk menuju lokasi, diperlukan waktu sekitar 4 jam perjalanan menggunakan perahu menuju pelabuhan Lehi, lalu dilanjutnya dengan naik ojek menuju lokasi selama kurang lebih 20 menit.

6. Punya Spot Sunset Yang Ciamik
Daratan disekitar pantai Temboko Lehi memiliki kontur tanah yang berbukit-bukit. Dan salah satu cara untuk mendapatkan momen sunset yang indah adalah dengan cara mendaki ke atas bukit. Tentunya ini adalah kegiatan yang wajib dilakukan setelah berlama-lama berenang di kolang air hangatnya.

7. Musim Kemarau Adalah Waktu Yang Tepat
Banyak para wisatawan atau backpacker yang berbagi pengalaman mereka tentant pantai Temboko Lehi, salah satunya adalah waktu yang bagus untuk singgah kesana adalah disaat musim kemarau. Sudah barang tentu ini berkaitan dengan tinggi gelombang laut apabila kita berkunjung dimusim hujan, yang akan mempengaruhi kenyamanan ketika kita menaiki perahu dari Manado. Selain itu, tentu dimusim hujan pastinya kita tidak akan mendapatkan momen sunset bukan???

Nah itulah beberapa fakta unik tentang Pantai Temboko Lehi. Sampai saat ini pantai air panas ini belum dikelola sepenuhnya. Jadi, kebanyakan pengunjung adalah para wisatawan yang kesana karena mendapat informasi tentang keindahan pantai Temboko Lehi dari para backpacker lainnya.

(Disadur dari berbagai sumber).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Lengkap STIPRAM (Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo)

Sensasi Canopy Bridge Di Bukit Bangkirai Yang Instagramable

Menara Siger, Destinasi Wisata Ikonik Lampung