Menara Siger, Destinasi Wisata Ikonik Lampung

Menara siger atau dikenal juga sebagai Siger Tower, merupakan menara yang menjadi ikon Provinsi Lampung sekaligus titik nol gerbang Sumatera. Terletak di ujung selatan Lampung, atau tepatnya di dekat pelabuhan penyeberangan laut Bakauheni. Berada di atas bukit berketinggian 110 meter di atas laut. Siger  secara khusus berarti topi adat yang dikenakan oleh mempelai wanita Lampung, namun pada umumnya siger sendiri telah dikenal sebagai simbol khas yang di miliki oleh Provinsi Lampung.
Menara Siger Ikon Provinsi Lampung - Dokumentasi Ismail Henry

Pembangunan Menara Siger dilakukan pada tahun 2005 [wikipedia], dan memang sejak awal ide pembangunannya bertujuan untuk menghadirkan sebuah ikon sekaligus mengisi daftar tujuan wisata baru yang patut dikunjungi apabila para wisatawan singgah ke Provinsi Lampung. Terkait dengan letak dan posisi pembangunan Menara Siger, menjadikannya sebuah tujuan wisata yang punya daya tarik tersendiri. Karena disamping landscape yang bisa kita nikmati, yaitu berupa hamparan lautan yang terlihat dari ketinggian, Menara Siger juga menyediakan beberapa fasilitas yang sudah barang tentu memang bertujuan untuk memanjakan para pengunjungnya.

Menara Siger, Ikonik Bukan Hanya Karena Letaknya

Letaknya yang berada di atas bukit kapur yang berdekatan dengan pelabuhan penyeberangan Bakauheni, jika dilihat dari tengah lautan disaat kita melakukan penyeberangan menggunakan kapal laut, Menara Siger terlihat sangat ikonik. Apalagi jika malam hari, gemerlap lampu yang menghiasi bangunan kebanggaan masyarakat Lampung tersebut akan terlihat lebih semarak.
Menara Siger Tempat Ajang Berfoto - Dokumentasi milik Wisatasumatera.com
Namun, selain karena letak pembangunannya yang berada di atas bukit dengan pemandangan hamparan laut biru yang sangat memanjakan mata, Menara Siger memang sengaja dibangun dengan mengusung tema berciri khas Provinsi Lampung, yaitu mahkota siger, selain menjadi pertanda titik nol gerbang sumatera, juga menjadi simbol yang penuh makna. Hal ini berkaitan adanya makna-makna yang menjadi dasar filosofis dalam pembangunanya. Sebagai contoh adalah adanya 9 rangkaian yang memperlambangkan adanya sembilan bahasa di Lampung. Selain itu, ada juga payung tiga warna yang berada di puncak menara, yang menyimbolkan tatanan sosial. Inilah salah satu daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh objek wisata Menara Siger.

Terdapat Katalok Tempat-Tempat Wisata Diseluruh Lampung

Secara umum, fasilitas yang biasa tersedia disebuah kawasan wisata meliputi area parkir kendaraan, tempat ibadah, kamar mandi/MCK, penginapan, dan restauran. Namun ada yang berbeda dengan tempat wisata ini. Selain fasilitas-fasilitas umum tersebut, Menara Siger juga terdapat ruang informasi khusus yang menyediakan informasi tentang peta tempat-tempat wisata yang berdara diseluruh kabupaten dan kota di Lampung. Jadi, dengan adanya sarana informasi tersebut, tentunya akan sangat membantu bagi para wisatawan yang memang bertujuan untuk menjelajahi Lampung lebih luas lagi.
Kembang api di Menara Siger - Dokumentasi surgakita.com
Menara siger memang dibangun dengan ciri khasnya, dan dilengkapi fasilitas yang memang bertujuan untuk mengenalkan berbagai tempat wisata Lampung ke para pengunjungnya.  Untuk saat ini, tiket masuk per orang dibanderol sebesar Rp.10,000.- sedangkan untuk biaya masuk motor dan kendaraan roda empat masing-masing sebesar Rp.15,000.- dan Rp.20,000.-

Demikianlah sekilas informasi mengenai salah satu objek wisata terkenal Lampung. Berikut ini beberapa foto mengenai Menara Siger yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.
Menara Siger dari ketinggian - Dokumentasi Kostisolo.co.id
Pemandangan Laut Biru Dari Menara Siger - Dokumentasi Tumblr
Menara Siger dari tengah laut - Dokumentasi Hobyjepret.blogspot.com
Ikon kebanggaan masyarakat Lampung - Dokumentasi travelingyuk.com
Menikmati senja di Menara Siger - Dokumentasi indonesiakaya.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Lengkap STIPRAM (Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo)

Sensasi Canopy Bridge Di Bukit Bangkirai Yang Instagramable