Moramo, Air Terjun Berundak Bak Pemandian Bidadari Kahyangan

Potensi keindahan alam pulau Sulawesi tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia, yang masing-masing memang memiliki ciri khasnya sendiri. Kalau pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang keindahan pantai Temboko Lehi dengan pantai air panasnya, yang berada di Sulawesi Utara, kali ini kita akan membahas salah satu fenomena alam yang saat ini telah menarik minat wisatawan untuk menikmati keindahannya. Ialah air terjun Moramo. Air terjun Moramo tidak seperti air terjun kebanyakan, yang pada umumnya berupa aliran air yang jatuh dari ketinggian tertentu dengan arus air yang begitu deras. Sedangkan Moramo sendiri, merupakan air terjun berundak atau bertingkat (cascade), yang terdiri dari 7 tingkatan utama. Selain ketujuh tingkatan tersebut, air terjun Moramo juga memiliki 60 tingkatan kecil yang jika kita perhatikan dengan seksama, tingkatan-tingkatan kecil tersebut merupakan tempat penampungan air.
Air terjun 7 tingkat Moramo - Dokumentasi yopiefranz YouTube channel
Air terjun Moramo terletak di kawasan Hutan Suaka Alam diwilayah Tanjung Peropa Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Dengan ketinggian mencapai 100 m, dan berkontur batuan berkapur, menjadikan Moramo sebagai salah satu air terjun yang unik, sehingga banyak wisatawan yang betah berlama-lama menikmati keindahan keajaiban alam ini sambil sesekali memanjat dinding-dindingnya karena ciri khas batuan kapur yang tidak licin untuk dipanjat.

Akses Mudah Moramo, Tak Jauh Dari Pusat Kota Kendari

Kawasan wisata ini terletak di sebelah selatan Kota Kendari. Kurang lebih sekitar 65 Km, dengan masa tempuh perjalanan selama 1,5 jam saja. Perjalanan menuju air terjun Moramo pun menjadi semakin menyenangkan, karena kita akan disuguhi pemandangan pantai ketika kita melewati Teluk Kendari, kemudian kita akan melalui kampung nelayan di Kecamatan Abeli. 2 Km menjelang kawasan wisata ini, kita akan bisa menikmati indahnya hutan tropis dan beberapa air terjun kecil.
Keindahan air terjun 7 tingkat Moramo - Dokumentasi yopiefranz.com
Setelah kita sampai di area taman wisata air terjun Moramo, untuk menuju lokasi air terjun kita hanya butuh berjalan kaki sejauh 1,2 Km dari area parkir. Untuk jalur yang akan kita lewatipun sangat mudah. Karena berupa jalanan datar setapak yang telah di semen. Waktu yang dibutuhkanpun tidak terlalu lama, sekitar 30-35 menit saja. Dan tentunya waktu setengah jam tersebut akan cepat berlalu, karena pemandangan hutan tropis yang kita lalui dapat mengobati penat selama perjalanan.
Banyak terdapat air terjun kecil di Moramo - Dokumentasi yopiefranz.com

Fasilitas Dan Biaya Masuk Air Terjun Moramo

Jika kita menyempatkan waktu untuk mengunjungi salah satu air terjun terunik di Indonesia ini, kita tak perlu khawatir. Sebab, kawasan wisata air terjun Moramo memiliki area parkir yang luas. Ada juga tempat ganti pakaian dan tempat mandi/WC. Disana juga disediakan tempat-tempat khusus yang bisa kita gunakan untuk beristirahat. Untuk yang lupa membawa perbekalan, jangan khawatir, sebab di dekat area parkir terdapat beberapa warung yang menyediakan keperluan wisatawan.
Air terjun Moramo dengan undakan-undakannya - Dokumentasi klikhotel.com
Untuk biaya masuk, kita hanya dikenakan biaya sebesar 3000 rupiah per orang. Dan untuk biaya parkir, mobil dikenakan biaya sebesar Rp.5 ribu sedangkan sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp.2 ribu.
Keseruan berfoto ria di Moramo - Dokumentasi mytrip.co.id
 (Disadur dari berbagai sumber)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Lengkap STIPRAM (Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo)

Sensasi Canopy Bridge Di Bukit Bangkirai Yang Instagramable

Menara Siger, Destinasi Wisata Ikonik Lampung