Panaitan, Surganya Surfer Di Ujung Kulon

Eksplorasi keindahan pulau-pulau terpencil yang ada di Indonesia seolah tidak akan ada habisnya. Karena memang pada dasarnya, Indonesia negara yang memiliki ribuan pulau dengan ciri khasnya masing-masing. Salah satunya adalah Pulau Panaitan. Yang sudah terkenal hingga ke manca negara, khususnya para peselancar (surfer) dunia. Karena pesisir pantai di pulau ini dikenal memiliki ombak yang hebat. Maka tak heran jika Pulau Panaitan mendapat julukan sebagai salah satu kawasan surfing terbaik di dunia. Bahkan, sudah banyak peselancar manca negara yang telah menikmati deburan ombaknya. Mereka begitu puas dengan pengalaman berselancar di sini. Karena berbagai macam jenis ombak dapat dijumpai di pulau terluar Provinsi Banten ini.
Keindahan Pulau Panaitan - Dokumentasi tempatwisata.biz.id YouTube Channel
Pulau Panaitan sendiri terletak di sebelah barat Laut Jawa, dan berdekatan dengan Ujung Kulon. Pulau dengan luas kurang lebih 17 ribu hektar ini memiliki permukaan yang berbukit-bukit dan diselimuti lebatnya hutan hujan tropis. Gunung Raksa merupakan bukit yang terbesar, dimana kelestarian flora dan faunanya masih sangat terjaga. Beberapa penemuan arkeologis berupa patung-patung ganesha dan shiwa juga ditemukan disini, yang disinyalir sebagai peninggalan peradaban Hindu Kuno dimasa lampau.
Pulau Panaitan memilihi ombak terbaik - Dokumentasi merahputih.com

Pulau Panaitan Tidak Hanya Terkenal Karena Ombaknya

Pulau ini memang tidak secara khusus hanya bisa dinikmati oleh para penggila olah raga selancar, akan tetapi juga bisa menjadi tujuan wisata bagi siapapun yang ingin menikmati keindahan pantai sekaligus hutan hujan tropis yang menyimpan berbagai jenis vegetasi dan binatang. Karena kawasan hutan di pulau ini memang sangat dikenal dengan kekayaan flora dan faunanya. Hewan-hewan seperti Rusa, monyet ekor panjang, bagi hutan dan biawak sangat mudah dijumpai disini. Ada juga binatang buas seperti buaya air tawar dan ular piton yang bisa dilihat secara langsung. Untuk keindahan bawah lautnya pun tak ingin kalah. Banyak terumbu karang yang mempesona disana. Salah satu spot selam terbaik adalah batu pitak, yang berada dekat dengan legon butun.
Keindahan pantai Pulau Panaitan - Dokumentasi triptrus.com
Pulau Panaitan juga sangat terkenal dikalangan penghobi olah raga memancing. Berbagai jenis ikan penghuni perairan pulau ini sangat beragam. Kita bisa mendapati kerapu lumpur, ikan kue gerong, kerapu macan, kakap merah, dan tuna sirip kuning di kawasan ini.
Pasir putih di Pulau Panaitan - Dokumentasi triptrus.com

Tempat Menginap Di Pulau Panaitan

Dengan keindahan alam hutan hujan tropis, deburan ombak di pasir putih, sudah barang tentu akan membuat wisatawan betah dan ingin berlama-lama disana. Waktu seharian rasanya tidak cukup untuk mengeksplorasi dan menikmati keindahan alamnya. Cara yang paling pas adalah dengan menginap bersama rombongan. Namun dikarenakan Pulau Panaitan adalah bagian dari Taman Nasional Ujung Kulon yang masuk dalam daftar warisan dunia, pembangunan tempat tinggal ataupun sarana akomodasi tidak dilakukan. Untuk itu, apabila para wisatawan ingin bermalam dan menghabiskan beberapa hari disana, sangat disarankan untuk membawa tenda dan perlengkapan sendiri. Tentunya hal ini tidak menjadi persoalan bukan? Karena kenikmatan bermalam di alam terbuka akan sangat luar biasa. Apalagi suasana malam hari yang jauh dari polusi cahaya, akan memberikan pengalaman yang sangat menakjubkan ketika berada di alam bebas dan bisa memandang indahnya langit penuh bintang.
Laut biru pasir putih Pulau Panaitan - Dokumentasi phinemo.com
(Disadur dari berbagai sumber)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Lengkap STIPRAM (Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo)

Sensasi Canopy Bridge Di Bukit Bangkirai Yang Instagramable

Menara Siger, Destinasi Wisata Ikonik Lampung