Serunya Berarung Jeram Di Sungai Kelingi Lubuk Linggau

Arung jeram adalah salah satu kegiatan sport tourism atau kegiatan yang memadukan olah raga dengan wisata alam, yang saat ini sangat digandrungi oleh para wisatawan penggemar tantangan yang memacu adrenalin. Terlebih tujuan utamanya adalah untuk refreshing dan self healing akibat terlalu penat akan aktifitas pekerjaan sehari-hari. Arung jeram sendiri umumnya dilakukan bersama-sama atau berkelompok. Sehingga keseruan-keseruan akan semakin semarak seiring dengan canda-tawa yang dilakukan bersama sahabat atau keluarga yang sama-sama berjuang mengarungi derasnya arus sungai hingga ketitik finish.
Rafting Sungai Kelingi Lubuk Linggau - Dokumentasi Isnanto Fitriansyah Channel
Salah satu spot arung jeram yang berada di wilayah Sumatera Selatan yang saat ini sedang populer adalah arung jeram sungai Kelingi, yang berada di kota Lubuk Linggau. Meskipun masih tergolong sangat baru, pengelola arung jeram Kelingi atau Kelingi Rafting telah mampu memberikan layanan yang sangat profesional. Hal ini terlihat dari ketersediaan fasilitas keamaan yang sangat memadai dan adanya kerjasama dengan salah satu pihak asuransi guna meningkatkan pelayanan bagi para wisatawan.

Sungai Kelingi Masuk Kategori Tingkat 1 sampai 3+

Keseruan dalam berarung jeram selain dari panjang jalur yang dilalui juga dari tingkatan kuat arus sungai setempat. Tentunya, untuk melalui medan sungai yang berarus sangat deras, Rafter pemula sangat tidak disarankan, meskipun hanya sekedar coba-coba. Nah, sungai Kelingi sendiri untuk arusnya masuk ke dalam kategori 1 sampai 3+ yang merupakan tingkatan arus yang masih aman untuk rafter pemula dan keluarga.
Keseruan arung jeram di Sungai Kelingi - Dokumentasi Sindonews
Karakteristik aliran arus sungai Kelingi pun terbilang sangat bersabahat. Dimana tak melulu melalui track aliran sungai yang berarus deras, akan tetapi sesekali juga melalui area yang berarus lambat. Selain itu, ada bagian jalur yang dilalui adalah deretan rumah panggung yang dicat warna-warni, sehingga menambah semarak pemandangan yang dirasakan.

Pengelola Menyediakan Berbagai Pilihan Paket Rafting

Guna memberikan pelayanan yang memuaskan dan sesuai kebutuhan wisatawan, pengelola arung jeram sungai Kelingi menyediakan berbagai macam jenis paket. Perbedaan masing-masing paket adalah pada lama durasi arung jeram. Sebagai contoh adalah paket Fun Rafting dan Party Rafting, dimana harga untuk Fun Rafting adalah sebesar Rp.200 ribu per orang untuk durasi 10 Km/2 jam, sedangkan Party Rafting sebesar Rp.250 ribu per orang untuk durasi 15 Km/2 jam. Dengan fasilitas berupa perlengkapan arung jeram, pemandu, tim rescue, makan 1 kali, snack, air mineral, transportasi, asuransi, dan dokumentasi.

Sungai Kelingi berarus deras - Dokumentasi metrosumatera.com
Dan untuk wisatawan yang ingin berpetualang dengan durasi yang cukup lama, tersedia paket Full Day Rafting yang mengusung konsep adventure, dimana durasinya adalah 2 hari dengan besaran biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp.1 juta per orang.
Arus kategori 2+ cocok untuk pemula - Dokumentasi mongabay.co.id
Sedangkan untuk pengunjung yang ingin bersantai ria, ada paket River Boarding yang hanya Rp.60 ribu, yaitu melintasi sungai sejauh 300 meter. Selain paket-paket tersebut, ada juga paket Outbound yang harga dan panjang lintasan bisa di negosiasikan. Pengunjung juga bisa menentukan sendiri lokasi sungainya yang akan dijadikan track rafting, tidak harus di sungai Kelingi. Ini berlaku pada paket Full Day Rafting.

(Disadur dari berbagai sumber)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Lengkap STIPRAM (Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo)

Sensasi Canopy Bridge Di Bukit Bangkirai Yang Instagramable

Menara Siger, Destinasi Wisata Ikonik Lampung